Sabtu, 23 Mei 2020

Pramuka Ar-Ridwan, Memupuk Mental Santri Negarawan




Pramuka membentuk karakter santri bijaksana yang negarawan.

Selain ngaji ilmu agama dan umum, di Pondok Pesantren Ar-Ridwan Bojonegoro, para santri juga bisa ikut giat kepramukaan. Yakni Pramuka Santri Ar-Ridwan (Paswan).

Ust Teguh Muryanto, salah seorang pembina Pramuka Santri Ar-Ridwan menjelaskan, kegiatan Pramuka sangat penting bagi para santri. Alasannya, kegiatan tersebut bisa memupuk jiwa kesatria dan mandiri.

Selain itu, di dalam Pramuka juga sebagai kawah candradimuka seorang anak untuk menjadi sosok berkarakter. Mereka yang tak mudah terombang-ambing oleh zaman yang kian bebas.

Pramuka juga mengajak para pesertanya untuk cinta tanah air. Mengenal dan memahami khazanah kebangsaan secara dekat, melalui tradisi gotong royong dan berjiwa besar.

"Pramuka bisa membentuk karakter seorang anak menjadi negarawan." Kata Ust. Teguh.

Sejauh ini, kegiatan Pramuka Santri Ar-Ridwan sudah berjalan cukup lama. Ada kegiatan rutin dan sesuai momentum. Untuk kegiatan rutin, Kemah silaturahmi santri (kemistri) 6 bulan sekali, Persami, Jambore Kwaran (kwartir ranting) dan Jambore Daerah (kwarda).

Kegiatan Pramuka sendiri, seminggu sekali. Menurut Ust Teguh, Pramuka itu proses menyenangkan. Karena itu, kalau ada buruk dengan pramuka, berarti ada kekeliruan di dalam prosesnya.

" Jika kita sudah tak bahagia dengan proses gerakan Pramuka, maka ada yang salah dengan prosesnya." Kutipnya.