Sabtu, 02 Mei 2020

Ikhtibar yang Bikin Deg-degan


Oleh: Zackya Maharani

Ikhtibar menjadi ujian yang cukup bikin deg-degan tapi juga mengasyikkan. 

”Sepuluh hari lagi kita akan melaksanakan Ikhtibar” ucap ustadz pada para santri, di suatu malam ba’da sholat maghrib.

Semua santri yang mendengar ucapan itu langsung lemas, karena bagi santri Ar-Ridwan, ujian yang satu ini sangat menakutkan, bagaikan monster. Hehe…..

Untuk diketahui, ikhtibar bagi para santri Ar-Ridwan, sudah tak asing di telinga. Hemm….gini ya, Sans. Ikhtibar itu ujian Tahfidzul Qur’an yang dilakukan 3 bulan sekali. Iya dong karena pondok kami unggul dengan program tahfidz, maka diadakanlah Ikhtibar.

Kenapa Ikhtibar membuat deg-deg an? Bagaimana tidak, santri Ar-Ridwan dites 10 soal oleh guru Tahfidz, dengan hafalan yang mereka dapatkan, dan yang paling bikin deg-deg an itu lho, Sans. KKM nya 80. Wow.

Nah, tibalah saatnya melaksanakan Ikhtibar. Pada tanggal 13-14 Maret, santri Ar-Ridwan melaksanakan kegiatan Ikhtibar. Ikhtibar ini dilaksanakan dua hari, jum’at dan sabtu.

Dimulai dari santriwati, lalu dilanjut santriwan. Semua santri berdo’a dalam hati, semoga tidak dites dengan hafalan yang tidak disukai atau yang tidak dilancari, hmmm.. maklumlah, Sans.

Dan para santri juga tidak lupa untuk berdo’a, semoga nilainya di atas KKM.  Amiiinnnn….

Semoga santriwan dan santriwati Ar-Ridwan selalu dimudahkan dalam belajar.  Amiiinnnn….. always be spirit terus buat santri Ar-Ridwan sahabat Al-Qur’an !!!