Sabtu, 02 Mei 2020

Delapan Pintu Surga dalam Kitab Mala Ainun Roat




Dari delapan pintu surga yang ada ini, mana yang paling berpotensi kita lewati? Hmm 

Dalam ngaji pasan Kitab Mala Ainun Roat pertemuan ketiga, Kiai Tsalis mulai mbalah isi kitab. Dalam isi bab pertama, Abwabul Jannah ---- pintu surga, dijelaskan ada sebanyak 8 pintu.

Delapan pintu surga terdiri dari; pintu puasa, pintu sholat dhuha, pintu sholat (wajib dan sunnah), pintu jihad (berjuang dalam hal pemikiran/pencari ilmu), pintu amal ibadah (memberi makan orang mukmin), pintu sodaqoh (ahli sedekah), pintu nafkah (menafkahi istri dengan harta yang baik), dan pintu wudhu (sering punya wudhu).

Seseorang, kelak akan masuk surga melewati pintu sesuai amal yang paling sering dikerjakan semasa hidup di dunia. Jika seseorang sering punya wudhu, misalnya, kelak akan dipanggil lewat pintu wudhu.

Dalam bab pintu surga, dijelaskan pula ada seseorang yang kelak, di alam akhirat, dipanggil melalui delapan pintu sekaligus. Seseorang seperti apakah yang termasuk dalam golongan tersebut?

Yang termasuk dalam golongan tersebut adalah mereka yang memiliki 3 anak yang wafat sebelum usia baligh. Dan mereka mengikhlaskannya.

Selain itu, mereka yang selalu menyempurnakan wudhu. Dan setelah berwudhu, membaca أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، له الملك، وله الحمد، وهو على كل شيء قدير، وأشهد أن محمدا عبده ورسوله

Berikutnya, seorang perempuan yang menjalankan sholat wajib, puasa Ramadhan, menjaga farji (kemaluan) dan manut pada suami. Mereka akan dipanggil 8 pintu surga sekaligus.

Dengan adanya 8 pintu surga tersebut, pada bagian pintu manakah yang kira-kira kita berpotensi melewatinya?