Senin, 04 Mei 2020

Album Kehidupan dan Hikayat Kenangan




Atas nama waktu dan episode kehidupan, segala yang dilakukan hari ini adalah proses mencipta kenangan.

Disadari atau tidak, perjuangan menuntut ilmu yang kita lakukan hari ini, akan menjadi ukir kesan yang bakal tergores lama sebagai bingkai album kehidupan, kelak di kemudian hari.

Sulit dan susahnya menuntut ilmu hari ini, akan bermetamorfosis menjadi kelucuan dan kebahagiaan kelak di masa depan. Sebab, begitulah peran waktu dalam hidup manusia.

Dalam hidup, waktu memiliki beberapa tugas. Diantaranya; mengubah digit usia, membuat terlupa, dan mengantar ingatan pada momen yang pernah dilalui, atau sempat dijalani.

Karena itu, kegiatan yang dilakukan sehari-hari, rutinitas yang kadang terasa membosankan, hingga sesuatu yang kita lakukan dengan perasaan datar-datar saja; kelak akan terasa begitu menyenangkan.

Rasa senang bercampur sedih akan muncul ketika yang bisa kita lakukan hanya sekadar melihat album foto. Rasa senang bercampur haru juga muncul ketika yang bisa kita lakukan hanya sekadar mengenang.

Sebab kenangan, yang berasal dari kata kenang, mungkin punya hubungan saudara dengan rasa senang. Meski kenyataannya, tak semua kenangan itu menyenangkan.

Atas nama waktu dan episode kehidupan, segala yang dilakukan saat ini adalah proses mencipta sebuah kenangan. Karena itu, mari kita hargai perjuangan yang kita lakukan hari ini, sehingga kelak bisa merasa senang saat mengingatnya kembali.